Pupuk Kompos itu Sehat

Nah sekarang lagi marak mengenai kegiatan-kegiatan yang mengarah pelestarian lingkungan atau istilah kerennya peduli lingkungan. Banyak kegiatan tersebut seperti daur ulang sampah yang banyak dilakukan anggota PKK bisa berbentuk hiasan hingga pupuk kompos. Ngomong-ngomong tentang pupuk kompos, q pernah praktek dulu pas kuliah Pengelolaan Limbah. Gokil bener waktu itu, tapi waktu itu kita buat pupuk cair yang nantinya bisa diimplementasikan sebagai starter pupuk kompos.

Ada banyak bahan baku pupuk kompos di depan mata kita. Klo di kota-kota biasanya daun2 pohon yang berguguran di tepi jalan (mbayangin adegan di Endless Love saat Fall hehehe). Tapi ya masak harus rebutan dulu ama petugas kebersihan, kasian dunk pekerjanya gk dapet upah. Nah, kita cari bahan baku yang melimpah nih kayaq enceng gondok, ‘get the book’ alias pelepah pisang n kulit buah pisang, atau jerami , biasanya banyak di pinggiran kota dan sungainya (coba liat gambar di bawah).

Enceng Gondok

Jerami

Pisang

Kenapa kuq bahan-bahan diatas cocok banget buat kompos. Karena apa ya??? kalo di logika bahan-bahan tersebut memiliki kandungan air yang tinggi jadi cepet pembusukannya… klo secara Biologi bahan-bahan tersebut banyak mengandung unsur Nitrogen (pada jerami dan enceng gondok) dan Kalium (Batang Pisang n kulit buahnya).

Nah mari kita coba buat secara sederhana. Bahan-bahan tersebut dipotong kecil-kecil atau dihancurkan, kemudian beri air secukupnya. lalu tempatkan pada wadah yang semi tertutup dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Secara teori pembusukan atau pengomposan butuh waktu 2-3 bulan. Eitts tunggu dulu, ternyata waktu aku berkunjung ke rumah komos di surabaya cuma butuh 21 hari tanpa adanya tambahan bakteri pemercepat kompos. Waktu itu petugasnya baik dan ramah, beliau menjelaskannya pada kami. Kami seperti orang blo’on kayaq gk tahu apa-apa mengenai kompos padahal waktu kuliah dah diajari. Tapi fun ajja…

Usut punya usut, akhirnya aku mendapatkan sebongkah getthebook dan sekarung jerami. Langsung deh praktek. Tuh jerami kami lumatkan bersama getthebooknya n dicampur air dikit… lalu kami masukkan dalam kantong plastik gelap. Karena di rumah gak ada tempat menyimpan, alhasil kami tempatkan di sudut kamar tidur.

Lima hari kemudian, bau menyengatpun muncul. Waktu itu aku lagi flu, lalu tiba-tiba sembuh karena what the smell dari bungkusan itu. setelah 10 hari akhirnya kucubo buka ternyata sudah membusuk dan lembek. Nah untuk tahap awal sedang kujicobakan pada cacing tadi pagi, apakah si cacing mau memakannya?

Kita bahas bareng lagi yuk tentang manfaat kompos, setelah si cacing makan besar ama temen-temennya…. ^^/

Perihal Bustan A. Romdhani
Kotak sampah yang berharap menjadi TPU bagi sampah-sampah hati banyak orang... Mengunjungi banyak tempat, menikmati eksotisme Indonesia bersama sahabat... ^^/

3 Responses to Pupuk Kompos itu Sehat

  1. cahayadejavu says:

    kalau sampah basah dari dapur rumahtangga,
    katanya juga bisa jadi pupuk ya Pakbuz?
    pupuk apa namanya?
    gimana prosesnya?

    aku kurang enak lihat hampir semua tetangga pada buang sampah ke kali..
    emang si kalinya cuma berujung pada pengairan persawahan penduduk,
    tapi kasihan kan yang pada ngurusin sawah diujung sana…?

    • Pakbuz says:

      pupuk kompos…. tapi tidak semua sampah bisa dijadikan pupuk.

      mari dipilah dulu, sayur2 yang tidak dipakai, nasi, buah-buah busuk atau kulitnya bisa digunakan.

      yang pertama kita siapkan dulu wadahnya. bisa di tanah area terbuka atau di tong.

      lalu tempatkan sampah yang kita pilih tadi ke wadah. kalau bisa sebelum dimasukkan ukurannya sudah agak kecil seperti dedaunan agar mudah proses pengomposan.

      Kompos akan jadi setelah 1-2 minggu tahap fermentasi.

  2. Pakbuz says:

    kadang miris juga banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai, padahal ikan belum mau makan tuh sampah… ujung2nya sungainya kotor dan mengandung bahan2 berbahaya. klo ditelusuri air sungai itu pasti kembali kita minum juga…. hiiiiiii

    Pupuk dr limbah rumah tangga, Why Not… bisa, tapi…. tidak semua sampah rumah tangga bisa digunakan. Pupuknya namanya sama yaitu pupuk kompos. Limbah berupa organik seperti sayur2an atau kulit buah yang tak terpakai bisa dibuat pupuk (untuk kulit buah jeruk dan cabe sebaiknya tidak digunakan untuk pupuk karena kadar minyaknya tinggi).

    limbah organik rumah tangga, diletakkan pada wadah semi tertutup (bisa drum plastik, bekas kaleng cat, dsb) setelah itu masukkan sedikit tanah (untuk memancing pertumbuhan bakteri pengurai). setiap minggu diaduk agar proses pembusukan merata. Pupuk akan jadi sekitar 1-3 bulan tergantung jumlah limbah yang diproses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: